Kehidupan kadang tidak selalu berjalan seperti yang diharapkan. Ada saja hal-hal mengganggu dan mengganjal yang perlu dihadapi setiap hari. Salah satunya dari orang-orang dengan perilaku dan tabiat yang terbilang cukup mustahil untuk dihadapi. Memang agak sedikit rumit untuk menghadapi orang-orang mustahil seperti ini. Tapi mereka ada di mana saja, bahkan di lingkungan pekerjaan. Berikut ini #cottoninkteam akan memberikan beberapa rahasia untuk menghadapi orang yang mustahil di lingkungan kerja. Semoga bisa membantu untuk membuat aktivitas Anda lebih optimal setiap hari.

Menghadapi Orang yang Mustahil

Lepaskan diri

Menggambarkan diri terlepas dari situasi sulit, mungkin memandangnya dari atas, membantu Anda menyingkirkan emosi yang menyebabkan berkurangnya gesekan. Mengatakan pada diri sendiri kalau orang ini tidak layak untuk menghabiskan energi emosional akan membuatnya lebih mudah untuk menjaga jarak sehat dan sehingga tidak perlu sampai terbawa dalam perselisihan yang panjang. Untuk mencapainya, Anda mungkin perlu membangun harga diri dan kepercayaan diri. Coba melihat tujuan terbesar Anda dengan hal ini. Jangan biarkan orang tersebut melihat Anda terluka dan bersikap mudah tersinggung.

Jangan Tersinggung

Hindari tersinggung akan perilaku seseorang. Ini bukanlah kuasa penuh untuk memaklumi tabiat buruk maupun perundungan. Seringnya tabiat orang lain mengatakan jauh lebih banyak tentang mereka dari pada tentang Anda. Ketika megingatkan diri tentang ini, kita cenderung akan menangkap perilaku seseorang yang mustahil tanpa perlu tersinggung. Ini membuat lebih mudah untuk melihat tabiat mereka lebih objektif. Serta membantu untuk lebih sadar akan perbedaan budaya yang mungkin hanya cara mereka berkomunikasi. Ini layak diingat ketika menghadapi orang yang mustahil di tempat kerja yang datang dari latar belakang berbeda dan hadir dalam kehidupan Anda.

Pilih Pertempuran Anda

Kadang, dan biasanya ketika Anda coba menghadapi orang yang mustahil secara profesional di tempat kerja, ini bisa membantu untuk memilih pertempuran Anda. Jangan terlalu terlibat kecuali memang harus terlibat. Lakukan analisis untung-rugi pada hubungan di tempat kerja. Bisa jadi kerugiannya lebih berat dari keuntungan jika Anda terlibat dengan orang tersebut. Mungkin juga lebih baik untuk menerima kennyataan kalau menggoyangkan perahu akan jadi kontra-produktif. Ini mungkin benar ketika orang yang mustahil adalah kolega yang lebih senior dari Anda, atau bahkan boss Anda. Anda perlu memilih dalam situasi seperti ini mengenai perlu tidaknya terlibat. Apalagi jika menghadapi orang yang mustahil ini berhubungan dengan mengerjakan pekerjaan Anda dengan sebaik-baiknya.

Pisahkan Individu & Masalahnya

Jika Anda berusaha menangani orang yang mustahil di tempat kerja, kadang dapat membantu dengan melihat situasi sebagai dua bagian terpisah: individunya dan masalahnya. Jadilah lembut pada individunya, namun keras pada masalahnya. Ini membiarkan Anda mengatur hubungan yang sulit sambil mencapai apa yang diperlukan dari sudut pandang bisnis. Dalam rangka melakukannya mungkin perlu latihan beberapa pembuka percakapan sebelumnya seperti: “Saya menghargai seberapa keras Anda mengerjakan hal tersebut, sekarang kita perlu untuk…” atau “Itu adalah informasi yang membantu, bagaimana jika Anda mengajukan…”

Suntikan Sedikit Humor

Banyak situasi sulit bisa dibelokan dengan senyumam atau sedikit dosis humor di waktu yang tepat. Ini dapat membuat kemungkinan untuk mengalamatkan masalah sulit tanpa mengkonfrontasi seseorang pada kejengkelan yang lebih jauh. Menyuntikkan sedikit humor adalah cara terbaik untuk menjinakkan situasi di tempat kerja dan membawa orang-orang kembali bersama. Lebih penting lagi, humor tidak menyudutkan orang, malahan ia akan melunakan atmosfir dan bisa memberi mereka jalan keluar. Ini bisa sangat membantu untuk menghadapi orang yang mustahil di tempat kerja.

Baca Juga: 7 Tips Styling Dasar untuk Selalu Tampil Chic

You May Also Like