COTTONINK

3 Hal yang Perlu Diketahui tentang Kegunaan Masker Spirulina
Beauty

Masker Spirulina

Akhir-akhir ini suplemen spirulina menjadi sangat populer karena berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya. Banyak yang mengonsumsi spirulina untuk mendapatkan manfaat kesehatan hingga perawatan kulit. Selain dikonsumsi, superfood ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker. Masker spirulina bisa memberikanmu kulit yang lebih sehat, cerah dan berkilau.

Mengenal Bahan Utama Masker Spirulina

Spirulina, semacam ganggang biru-hijau yang terbentuk secara alami pada permukaan danau, adalah superfood yang bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya, spirulina biasanya dikonsumsi sebagai suplemen yang tidak hanya membantu menjaga fungsi optimal tubuh tapi juga bermanfaat bagi kecantikan dan membantu merawat kulit.

Manfaat Masker Spirulina

Masker Spirulina

Meningkatkan Antioksidan

Ketika terpapar matahari dan faktor berbahaya dari lingkungan sepanjang tahun, radikal bebas dapat benar-benar merusak kulitmu. Menyebabkan kulit mengembangkan kondisi kulit tertentu seperti flek hitam, hiperpigmentasi, dan bahkan keriput serta kulit kendur.

Tapi terlepas dari sinaar matahari dan polusi udara, sumber lain dari radikal bebas juga bisa berasal dari pola makan yang buruk. Inilah mengapa adalah ide yang bagus untuk memasukan spirulina pada pola makan karena kandungan karotenoid dan fitonutrien yang merupakan antioksidan penting dapat melindungi kulit dari faktor buruk lingkungan.

Dikarenakan spirulina dapat bantu meningkatkan metabolisme kulit, ia mungkin juga bisa menetralkan radikal bebas dan faktor lainnya yang menyebabkan kulit menunjukkan tanda penuaan dini.

Mengandung vitamin A, B, dan E dalam jumlah besar, superfood yang luar biasa ini bisa juga menghindarkan kulit kendur dan memperbaiki tampilan kulit yang kusam dan lelah. Sehingga memberikanmu kulit awet muda dan berkilau serta menghindarkan tanda-tanda penuaan muncul sebelum waktunya.

Melawan Peradangan

Meski superfood ini dapat membantumu mengurangi keriput dan garis halus serta meningkatkan elastisitas kulit ketika digunakan secara topikal, spirulina yang luar biasa ini juga memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi. Ia dikenal akan banyaknya kandungan gamma-linoleic acid (GLA), asam lemak esensial yang membantu tubuh melawan dan mengurangi peradangan. Lebih manjur jika dibandingkan dengan asam lemak lain, GLA telah terbukti untuk bantu mengobati kondisi kulit yang lebih serius seperti eksim.

Dengan nutrisinya yang kaya, spirulina juga bisa menetralkan kulit dan mendorong pembaharuan sel yang menjaga kulit tetap cerah dan sehat berkilau. Selain itu, ia juga membantu tubuh menarik air yang terdapat pada permukaan kulit sehingga berujung pada kulit yang lebih terhidrasi dan terlihat lebih muda.

Dengan kandungan anti bakteri yang dapat bantu mengenyahkan kotoran dan bakteri yang menumpuk di permukaan kulit, spirulina juga dikenal dapat mengurangi jerawat. Sering digunakan dalam praktik dermatologi sebagai solusi alami untuk kondisi kuit tertentu, banyak profesional bahkan menggabungkan superfood luar biasa ini dalam mengobati kutil, membantu melawan kemunculan kutil baru, dan menyembuhkan kutil membandel dengan pengobatan yang lebih sedikit dan solusi yang lebih alami.

Bantu Mendetoksifikasi Tubuh

Terlepas dari kandunganya yang penuh dengan antioksidan dan anti peradangan, spirulina juga mengandung konsentrasi tinggi klorofil (pigment hijau yang ditemukan pada ganggang dan tanaman), yang membuat suplemen luar biasa ini salah satu makanan pembersih yang paling efisien yang dapat ditemukan di alam.

Selain membantu tubuhmu mengenyahkan toksin dan logam berat dengan lebih mudah, klorofil tidak hanya bantu menjaga berat badan lebih sehat dan seimbang tapi juga memberikan kulit yang lebih bersih, cerah, dan merona.

Tak hanya menguatkan sistem imun tubuh, spirulina juga menguatkan kulitmu secara bersamaan. Efek detoksifikasi yang luar biasa dari superfood ini dapat membantumu mengenyahkan lingkaran gelap dan bayangan lainnya di sekitar mata serta bantu mengatasi kekeringan dan iritasi pada area sekitar kulit yang tipis dan sensitif.

Terlebih lagi, selain bantu menjaga kecantikan kulit, jajaran vitamin, mineral, dan lemak baik yang ditemukan pada spirulina dapat juga bantu menjaga kuku dan kulit jadi sehat, berkilau, dan kuat.

Kesimpulannya

Terbukti spirulina adalah suplemen tinggi manfaat yang tidak hanya bisa menjadi tambahan ideal pada rutinitas kecantikan, bantu menjaga kulit selalu bercahaya dan merona, tapi juga memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh. Meski begitu, ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memanfaatkan spirulina.

Resep Masker Spirulina

Masker Spirulina

Masker Kulit Normal

Bahan:

  • 1 sdm Madu Organik
  • 1 sdm Bubuk Spirulina

Cara Membuat:

  1. Campur kedua bahan dalam sebuah mangkuk hingga menjadi pasta.
  2. Oleskan pada wajah menggunakan jari atau kuas wajah.
  3. Diamkan selama 20 menit.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Pastikan untuk mengoleskan pelembab atau minyak wajah untuk hidrasi setelahnya.

Manfaat untuk Wajah: Masker ini memberikan kilau sehat dan awet muda pada kulit. Ia bantu melembabkan kulit dan juga bantu mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Masker untuk Wajah Berjerawat

Bahan:

  • 1 sdt Bubuk Spirulina
  • 1 sdt Kaolin Clay
  • 2-3 sdt Teh Hijau Hangat

Cara Membuat:

  1. Tambahkan 1 sendok teh bubuk spirulina dan 1 sendok teh kaolin clay ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan 2-3 sendok teh teh hijau suam-suam kuku dan campur hingga merata.
  3. Oleskan masker pada wajah dan leher lalu biarkan selama 20 menit.
  4. Setelah dibilas, pastikan untuk mengoleskan pelembab.

Manfaat untuk Wajah: Masker ini sangat baik untuk membersihkan kulitmu dengan lebih mendalam. Kaolin clay bantu mendetoksifikasi kulitmu dan membuang minyak berlebih. Kandungan antioksidan dan anti bakteri dalam spirulina bantu melawan jerawat dan mencegah jerawat berikutnya.

Masker untuk Kulit Kering

Bahan:

  • 2 sdt Bubuk Spirulina
  • 1 sdt Greek Yogurt
  • 1 sdt Pisang yang Dihaluskan

Cara Membuat:

  1. Dalam mangkuk, masukkan 2 sendok teh bubuk spirulina, 1 sendok teh Greek yogurt, dan 1 sendok teh pisang yang dihaluskan.
  2. Campur semuanya hingga merata.
  3. Oleskan masker ini pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 20 menit.
  4. Setelah dibilas, pastikan untuk mengoleskan pelembab.

Manfaat untuk Wajah: Masker ini sempurna untuk membuat kulitmu lembut, kenyal, dan kencang. Ia mengurangi kulit kusam. Pisangnya membantu melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Masker untuk Hidrasi Kulit

Bahan:

  • 2 sdt Bubuk Spirulina
  • 3 sdt Gel Lidah Buaya

Cara Membuat:

  1. Campur kedua bahan di atas dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  2. Biarkan selama 20 menit.
  3. Setelah dibilas, oleskan pelembab.

Manfaat untuk Wajah: Masker ini sangat efektif menghidrasi kulitmu. Lidah buaya bantu memberikan kulitmu kelembaban yang cukup dan meremajakannya.

Masker untuk Penuaan

Bahan:

  • 1 sdt Bubuk Spirulina
  • 1 sdt Minyak Almond
  • 2-3 tetes Minyak Vitamin E

Cara Membuat:

  1. Dalam mangkuk kecil, masukan semua bahan dan campur hingga merata.
  2. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  3. Biarkan selama 20 menit dan bilas.
  4. Pastikan untuk mengoleskan pelembab setelahnya.

Manfaat untuk Wajah: Masker ini memberikan banyak sekali kandungan pelembab dan antioksidan untuk kulit yang bantu melawan tanda-tanda penuaan. Ia menutrisi kulit dan memberikan kilau sehat.

Baca Juga: 10 Trik Terlihat Ramping Maksimal dengan Usaha Minimal

 

More on Beauty