Liburan virtual atau virtual holiday dapat menjadi pilihan aktivitas seru yang bisa dilakukan dari rumah. Bahkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mempromosikan kegiatan ini sebagai inovasi menarik yang sekaligus mampu membangkitkan dunia pariwisata Tanah Air di tengah pandemi.

Sebagai konsep yang naik daun baru-baru ini, virtual tour menjadi salah satu pilihan liburan virtual, untuk membawamu mengisi waktu atau menghilangkan kepenatan dengan memanfaatkan platform digital. Tak hanya menikmati keindahan berbagai destinasi wisata di Indonesia atau luar negari, melalui virtual holiday ini, kamu juga akhirnya mendapat ilmu baru. Sebab, tak sedikit virtual tour yang juga dilengkapi dengan kehadiran pemandu wisata, juga secara virtual tentunya, untuk menjelaskan sejarah objek wisata yang sedang kamu ‘kunjungi’.

Mau Liburan Virtual? Ini Caranya

Apa yang perlu dipersiapkan untuk menikmati liburan virtual? Kamu hanya memerlukan gadget, koneksi Internet, serta camilan favorit. Kalau memang ingin lebih merasakan vibe berlibur, tak ada salahnya memakai baju pantai, ketika ingin menikmati virtual tour bertemakan pantai, misalnya. Selanjutnya, kamu tinggal memilih aktivitas liburan virtual berikut ini.

Liburan Virtual bareng Kemenparekraf

A picture containing nature  Description automatically generated
Sumber: Kemenparekraf.go.id

Untuk menikmati liburan virtual, salah satu caranya adalah dengan mengakses channel YouTube Pesona Indonesia. Lalu, pilih kategori video dan kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci (LIVE) VIRTUAL DESA WISATA atau (LIVE) VIRTUAL INDONESIA di kolom pencarian dengan logo kaca pembesar. Ada berbagai video tour yang siap kamu nikmati, seperti berikut ini:

Setiap video tour di atas berdurasi sekitar satu hingga dua jam. Tenang, kalau masih bekerja, kamu tak perlu ambil cuti untuk bisa menikmati virtual holiday ini. Selamat memilih destinasi pertamamu untuk liburan virtual!

Piknik Bareng Idfi

Mungkin gambar 2 orang, termasuk Idfi Pancani dan teks
Sumber: akun Facebook Idfi Pancani

Selain liburan virtual dari Kemenparekraf, masih ada pilihan yang ga kalah serunya, yaitu virtual tour bersama Idfi Pancani, di Piknik Bareng Idfi. Kamu bisa mengunjungi akun Instagram Idfi, yaitu @idfipancani, atau akun Facebook-nya, juga dengan nama Idfi Pancani untuk info lebih lanjut.

Di masa pandemi ini, Idfi yang sempat menjalani profesi sebagai penyiar radio dan presenter di stasiun televisi ini, menawarkan berbagai virtual tour dengan destinasi yang menarik. Idfi ternyata juga memang pernah bekerja sebagai pemandu wisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan tergabung sebagai tourist guide di Himpunan Pramuwisata Indonesia.

Idfi menawarkan berbagai pengalaman baru dalam liburan virtual. Tak hanya untuk destinasi dalam negeri, tetapi juga manca negara. Pada Oktober 2021, Idfi membuka Virtual Tour Kuliner Suku Laut Indonesia dengan berkolaborasi bersama Indonesia Hidden Heritage.

Selain itu, ada juga virtual tour ke Paris, yang mengeksplorasi lokasi syuting serial Netflix, Emily in Paris! Mau liburan virtual ke Korea Selatan atau Inggris? Idfi juga pernah bikin, lho! Biar kamu gak kelewatan jadwal berikutnya, kunjungi akun Facebook atau Instagramnya!

Gimana? Kamu jadi punya banyak ide liburan di rumah aja kan, buat weekend ini dan tanggal-tanggal merah berikutnya!

Baca Juga: Tetap Aman dan Kece Liburan di Rumah dengan Koleksi Minimalist Resort dari COTTONINK

You May Also Like