Dengan curah hujan yang sedang tinggi seperti saat ini, kardigan menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Item ini sangatlah praktis untuk dikenakan namun bisa menjadi cukup rumit. Jika tidak berhati-hati, kamu bisa terlihat lusuh ketika mengenakan kardigan. #CottoninkTeam sudah merangkum apa saja yang membuat kardigan terlihat gemas dan yang terlihat lusuh. Mari baca sampai selesai!

Trik Anti Lusuh Ketika Mengenakan Kardigan

#1 Cari tahu model/panjang kardigan yang terlihat bagus sesuai bentuk badan

Seperti halnya semua masalah fashion, perempuan terlahir dengan bentuk tubuh berbeda-beda. Sehingga gaya tertentu bisa terlihat lebih bagus bagi sebagian orang tapi tidak untuk sebagian lainnya. Pelajari apa yang cocok untuk bentuk tubuhmmu dengan mencoba berbagai gaya dan panjang kardigan. Berfotolah di depan cermin jika Kamu tidak yakin dan bandingkanlah satu dengan yang lainnya.

#2 Kenakan pakaian yang pas bentuknya di badan atau dress yang bersabuk sebelum melapisinya dengan kardigan

Terutama jika kardigannya bergaya gombrong atau oversized, pastikan siluet di dalamnya pas di badan; kalau tidak, kamu akan terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

#3 Pilih ukuran yang lebih kecil pada kardigan panjang dan/atau carilah kardigan yang lebih pas badan

Kardigan gombrong memang sedang tren, tapi jujur deh — kecuali jika kamu memiliki tubuh tinggi dan kurus, kardigan gombrong dan oversized cenderung menambah berat badan secara visual. Jadi, seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, carilah kardigan yang sesuai dengan bentuk tubuh dan penampilan yang Kamu inginkan.

#4 Perhatikan fit pada lengan

Ini bisa dibilang sebuah pencerahan besar dalam dunia perkardiganan. Pastikan untuk memperhatikan bagaimana fit lengan pada kardiganmu. Ini bisa memiliki efek berbeda tergantung bentuk tubuhmu (lihat trik #1), tapi satu yang pasti adalah kita tidak ingin bagian lengan dan pundak terlihat padat dan terlalu terekspos, kan?

#5 Tunjukkan sedikit kulit

Ini lebih pada apa yang dikenakan di dalam kardigan daripada gaya kardigan. Banyak dari kita mengenakan kardigan untuk merasa nyaman dan hangat. Jadilah ide mengenakan kardigan untuk melapisi turtleneck atau crewneck terdengar wajar. Tapi tahukah Kamu kalau kardigan akan terlihat jauh lebih menarik jika dikenakan dengan atasan leher terbuka?

Hampir setiap perempuan, tak peduli ukuran dan jenis tubuh yang dimilikinya, terlihat bagus mengenakan atasan yang menampilkan tulang selangka mereka — terutama ketika sebagian besar tubuh sudah tertutupi. Jadi jika Kamu terjebak dengan atasan turtleneck dan crewneck, cobalah menggantinya dengan atasan scoop neck atau v-neck. Kamu mungkin akan terkejut dengan perbedaan yang tampak daripadanya!

#6 Perhatikan tren saat ini

Seperti item pakaian lainnya, tren kardigan berkembang. Sehingga kamu akan selalu terlihat tidak lusuh jika mengenakan gaya yang lebih kekinian — selama itu sesuai dan pantas untuk jenis tubuhmu.

#7 Kenakan kardigan gombrong dengan hati-hati

Kardigan bisa terlihat gemas jika memang gayanya gombrong, dan tidak lagi menarik jika ukurannya kebesaran. Jika kamu ingin mengenakan kardigan gombrong, #CottoninkTeam rekomendasikan untuk mengenakan sesuatu yang pas badan di dalamnya, Jangan lupa juga untuk mengenakan kardigan sebagai bingkai bagi penampilan dan bukan menutupinya.

#8 Jangan abaikan bagian belakangnya

Kardigan panjang dan lurus sedang menikmati momennya saat ini, tapi pastikan untuk memperhatikan bagian belakangnya sebelum memutuskan untuk membeli. Mereka mungkin terlihat bagus dari depan, tapi jika Kamu berbalik, mereka bisa jadi tampak kurang enak dilihat.

Baca Juga: 10 Cara Kilat Terbiasa Pakai High Heels

You May Also Like