Apakah Kamu lelah dengan kulit yang bertingkah? Maka inilah waktu yang sempurna untuk meningkatkan perawatan kulitmu dan akhirnya mendapatkan kulit cantik, awet muda, dan sehat yang selalu Kamu dambakan. Tidak tahu harus mulai dari mana? #Cottoninkteam sudah mengumpulkan apa saja yang perlu Kamu lakukan untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat. Yuk baca sampai selesai!

Hal-hal yang Perlu Dilakukan untuk Mendapatkan Kulit Cantik dan Sehat

Untuk mendapatkan perawatan terbaik bagi kulit membutuhkan sedikit investasi di produk skincare yang bagus dan mengetahui beberapa dasar juga. Daftar ini adalah yang Kamu butuhkan untuk diingat dan lakukan untuk mendapatkan kulit yang selalu berkilau, sehat, dan cantik.

Membersihkan Wajah di Pagi dan Malam Hari adalah Sebuah Keharusan

Selalu ingat: Tidur tanpa menghapus riasan adalah dosa yang sangat besar!

Rajin Menggunakan Pelembap, Setiap Hari

Ini adalah hal paling penting untuk kulit sehat. Carilah produk dengan hyaluronic acid, glycerin, ceramides, dan emollient.

Menutrisi di Malam Hari dengan Produk yang Bantu Kulitmu Menyembuhkan dan Mengembalikan Dirinya Seperti Sediakala

Carilah produk yang mengandung: peptide, antioksidan, retinoid (vitamin A), dan minyak yang menutrisi (zaitun, alpukat, jojoba, argan, shea, atau cocoa butter).

Sesekali Bersihkan Wajah dengan Pembersih yang Mengandung Minyak

Cara paling sederhana melakukannya adalah bersihkan wajah seperti biasa, lalu pijat kulit selama 10-15 menit dengan minyak pilihanmu dalam gerakan memutar. Setelah selesai, ambil handuk kecil, basahkan dengan air hangat (atau yang agak panas sekalian) dan hapus sisa-sisa minyak dari wajahmu dengan lembut.

Pakai Serum Setiap Hari

Untuk kulit sehat, berinvestasilah pada serum yang bagus dengan fungsi spesifik dan gunakan setiap hari sebelum memakai krim wajah. Setelah pakai satu serum, pilihlah yang lain yang menyasar masalah kulit wajah yang lain untuk bantu menyembuhkan kulitmu dalam berbagai cara berbeda.

Maskeran Seminggu Sekali atau Dua Kali

Beragam masker wajah bisa berikan kulit booster ekstra dan menawarkan perbaikan cepat bagi masalah seperti kulit kering, lelah atau kusam, atau iritasi.

Kunjungi Dokter Kulit Ketika Dibutuhkan

Jika Kamu kebingungan dengan kulitmu dan semua pilihan skincare yang tersedia di luar sana, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan profesional yang bisa bantu membimbingmu ke arah yang tepat menuju kulit sehat.

Atasi Jerawat Segera Setelah Mereka Muncul

Segera setelah Kamu melihat jerawat muncul, oleskan obat perawatan anti bakteri untuk menghalanginya bertumbuh dan terinfeksi. Carilah produk yang mengandung minyak tea tree, salicylic acid, vitamin C, benzoyl peroxide, atau kaolin clay.

Jangan Pernah Memencet Jerawat

Menyentuh, memencet, ‘memecahkan’ jerawat biasanya membuat semua hal jadi lebih buruk dan dapat juga meninggalkan bekas serta pigmentasi yang cukup sulit untuk dihilangkan. Daripada disentuh, sebaiknya oleskan obat perawatan jerawat atau concealer yang memiliki bahan anti jerawat.

Gunakan Perlindungan SPF Setiap Hari

Ini adalah keharusan bahkan di musim penghujan. Sinar matahari sangat berbahaya untuk kulit dan tidak hanya bisa membuat kulit menua lebih cepat, ia juga bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk menhindarinya, gunakan krim atau losyen SPF setiap hari dan oleskan ulang setiap 3-4 jam kalau bisa. Kamu juga bisa mendapatkan bedak bubuk mineral yang mengandung SPF di dalamnya.

Sesekali Uap Wajahmu

Uap membuat pori terbuka, sehingga lebih mudah untuk membersihkan kulit + semua serum, masker, dan krim bisa menyerap jauh lebih baik. Ini adalah bagian terbaik dari facial di rumah dan direkomendasikan untuk melakukannya seminggu sekali bagi semua jenis kulit.

Eksfoliasi Kulitmu — Dengan Lembut dan Rutin

Tergantung jenis kulit, Kamu mungkin ingin melakukan ini lebih sering atau lebih jarang. Tapi setiap jenis kulit bisa mendapatkan manfaat dari eksfoliasi. Carilah eksfoliator yang non-mekanik yang mengandung konsentrasi rendah glycolic acid, lactid acid, atau AHA.

Kulit Sehat Perlu Makanan — Gabungkan Minyak dalam Skincare

Jangan takut menggunakan minyak, bahkan bila Kamu memiliki kulit yang berjerawat. Minyak sangatlah kaya nutrisi, pelembap, dan antioksidan.

Pijat Kulit ketika Mengoleskan Skincare

Memijat kulit memperbaiki sirkulasi, elastisitas, dan bantu menghindari kulit kendur. Ingatlah untuk melakukannya dengan lembut dan selalu ide yang bagus untuk menonton beberapa video pijat wajah profesional untuk tahu gerakan terbaik.

Tidur Terlentang

Ini mungkin tidak untuk semua orang, tapi jika bisa mengontrolnya, tidur terlentang adalah posisi terbaik untuk tidur jika Kamu ingin melindungi kulitmu. Tidur miring atau bahkan tengkurap bisa menyebabkan kerutan dan kulit kendur.

Cobalah untuk Tidak Terlalu Sering Mengerutkan Kening

Melakukan banyak ekspresi wajah lama-lama berujung pada kerutan senyum, kerutan kening, dan berbagai kerutan lainnya. Untuk menghindarinya, cobalah untuk mempertahankan ekspresi rileks pada wajah kapan pun memungkinkan.

Gunakan Sarung Bantal Sutra atau Satin

Sarung bantal sutra bagus untuk kulit, khususnya jika kulitmu sensitif. Sutra adalah bahan alami dan sangat lembut, makanya kulitmu tidak akan teriritasi di malam hari. Jalan yang mudah untuk kulit sehat!

Gunakan Humidifier di Malam Hari (dan Siang Hari Kalau Kamu Bisa!)

Satau cara tercepat untuk kehilangan kelembapan kulit adalah duduk di area yang sangat panas. Panas matahari di musim kering dan penghangat di musim hujan bisa melakukan hal tersebut. Untuk menjaga agar kulit selalu gembira dan tetap lembap, gunakan humidifier. Hidungmu juga akan berterima kasih!

Lindungi Kulit dari Dingin, Hujan, dan Angin

Faktor lingkungan bisa juga sama merusak kulit seperti polusi. Di bulan-bulan lebih dingin, lindungi kulit dengan memilih produk yang lebih tebal dan kental serta pertimbangkan untuk menggunakan foundation cair dan bubuk untuk menciptakan semacam ‘selimut’ bagi wajahmu (coba untuk tetap terlihat alami dengan ini!)

Minum Air yang Banyak, Setiap Hari

Sulit menjaga kulitmu tetap lembap dan kenyal jika tidak terhidrasi dari dalam. Seruput H2O sepanjang hari untuk menjaga kulit selalu gembira dan sehat.

Makan Sehat dan Bersih

Cara tercepat mendapatkan noda, jerawat, dan kulit kusam adalah diet buruk yang dipenuhi dengan makanan prosesm lemak trans, dan gula yang berlebihan. Di sisi lain, mengonsumsi makanan sehat dan bersih bantu detoksifikasi kulitmu, meregulasi produksi minyak di wajah, memberi makan kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

Rutin Olahraga

Terkadang kulit ngambek karena tubuhmu kesusahan membuang beragam toksin. Olahraga adalah cara terbaik untuk bantu kulit karena Kamu berkeringat dan toksin akan keluar dengan keringat. Bonusnya, ini akan membuat tubuhmu terlihat dan terasa lebih baik.

Tidur Cukup (Lebih Kalau Bisa!)

Tidur cantik bukanlah mitos. Kulit meregenerasi lebih cepat ketika kita tidur dan mulai terlihat lelah ketika Kamu kurang tidur.

Bersihkan Kuas Makeup Secara Rutin

Alasan umum lain untuk jerawat, iritasi, alergi, dan pori tersumbat — kuas makeup kotor. Pastikan untuk membersihkannya secara rutin.

Pilih Produk yang Sesuai dengan Jenis Kulitmu

Jika kulitmu kering tapi menggunakan produk yang diformulasikan untuk pemilik kulit berminyak, ini akan membuatnya semakin kering. Selalu pilih produk yang sesuai untuk kulitmu dan tes untuk beberapa hari/minggu sebelum memutuskan kalau ia baik untuk kulitmu.

Baca Juga: Semua Tips Legit yang Harus Diketahui sebelum Memakai Eyeliner bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like