Jenis Jenis Bahan Moscrepe

Anda yang hendak menggunakan kain moscrepe, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Ini akan membantu Anda menemukan jenis kain yang tepat untuk pakaian yang hendak dibuat. Beberapa jenis kain moscrepe yang tersedia di pasar Indonesia adalah:

Baca Juga : 10 Inspirasi Korean Style Hijab Oleh Influencer Indo!

Arabian Crepe

Sumber : clothinglineid.com

Untuk kain moscrepe yang satu ini, teksturnya paling halus dibandingkan dengan jenis kain crepe yang lain. Jika Anda memegangnya, rasanya seperti memegang katun namun dengan bulu yang lembut di bagian luar kain.

Arabian Crepe merupakan jenis moscrepe yang cocok jika digunakan untuk membuat hijab. Sebab ia tidak panas ketika digunakan dan sejuk untuk penutup kepala.

Bubble Crepe

Sumber : Indiamart.com

Pilihan berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah bubble crepe yang memiliki ciri permukaan seperti kulit jeruk. Dibandingkan dengan jenis kain crepe atau moscrepe yang lain, ia lebih mudah dibedakan karena teksturnya yang agak kasar.

Pola jahitan bahan moscrepe ini menonjol di bagian luar, membuatnya terasa jika diraba menggunakan tangan. Bubble crepe lebih sering digunakan untuk membuat dress atau pakaian yang memiliki ukuran panjang.

Crepe de Shine

Sumber : id.aliexpress.com

Jenis berikutnya adalah perpaduan antara dua jenis yang telah disebutkan sebelumnya, yakni kain moscrepe dengan perpaduan permukaan seperti kulit jeruk dan butiran pasir.

Bahan utama pembuatan kain ini adalah sutra, sehingga tetap lebih dipegang dan dingin jika digunakan. Ia sering dipakai untuk membuat gaun atau pakaian yang mewah karena memiliki ciri khas kain yang lemas dan jatuh secara alami.

Crepe Plisse

Untuk jenis kain yang ini, ia memiliki tekstur yang mendekati kulit jeruk, dengan detail yang rinci dan terlihat jelas. Ia juga memiliki garis-garis sebagai tambahan tekstur.

Untuk membuat kain crepe plisse, digunakan kain katun yang berkualitas, kemudian diproses dengan menutup permukaan kain menggunakan bahan sejenis lilin. Selanjutnya dibentuk pola dengan garis atau gerigi untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

You May Also Like