Mari sini kami beri tahu rahasia: Beberes rumah akan memberikan dampak positif yang sangat besar pada hidup Anda. Kegiatan ini 100% sepadan dengan energi yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan ini. Kadang yang dibutuhkan hanyalah motivasi beberes rumah untuk memulainya. Maka dari itu kali ini #cottoninkteam akan membagikan 12 motivasi beberes rumah yang akan membuat Anda menyudahi rebahan dan mulai mentransformasi rumah dari kekacauan yang berantakan menjadi impian yang minimalis. Yuk baca sampai selesai!

12 Hal untuk Motivasi Beberes Rumah

Bebaskan Diri

Anda tidak harus membereskan rumah dalam satu waktu. Tidak perlu juga membuat dapur sampai terlihat seperti rumah idaman yang ada di Pinterest. Benar deh, Anda tidak perlu melakukan apa-apa.

Anda memilih beberes rumah karena INGIN, bukan karena HARUS. Jadi berhentilah menciptakan ekspektasi yang tinggi. Putuskan apakah Anda ingin menyelesaikan daftar panjang beberes yang sudah ada atau tidak.

Mulai dengan Sampah

Bawalah kantung sampah ke setiap ruangan yang ada di rumah untuk mengumpulkan sampah–kaus kaki bolong, surat-surat lama, majalah yang sudah selesai dibaca, tempat makan bernoda yang sudah kehilangan tutupnya. Apapun yang bisa dibuang, akan jadi langkah besar di arah yang terbaik.

Kerjakan Satu Hal dalam Satu Waktu

Pilih satu area yang ingin difokuskan. Apakah itu lemari, meja rias, atau lemari di bawah bak cuci piring. Salah satu saja dan bereskan sampai selesai.

Libatkan Teman dan Keluarga

Cari tahu jika teman atau keluarga Anda bisa membantu untuk merapikan dapur. Buat ini menjadi sebuah acara hangout berfaedah di rumah. Dengan camilan dan minuman favorit.

Ubah jadi Uang!

Tidak akan ada yang bikin bersemangat beberes rumah jika tahu akan ada garage sale dengan Anda sebagai tuan rumahnya dalam dua minggu ke depan. Anda bisa juga menjualnya secara online mengingat kondisi pandemi seperti sekarang. Jika Anda beberes rumah dengan maksud tertentu, Anda mungkin bisa mendapatkan motivasi yang dibutuhkan untuk memilah barang-barang yang dimiliki.

Jika Belum Siap untuk Beberes, Jangan

Ini bisa jadi kelegaan yang besar untuk didengar dan motivasi paling cerdas bila beberes melelelahkan secara mental. Kalau Anda tidak bisa membayangkan benar-benar berpisah dengan barang-barang yang akan dibereskan, maka tidak usah. Sebaiknya masukan barang yang tidak ingin Anda lepaskan ke kardus, dan taruhnya di garasi, gudang, atau lemari penyimpanan. Beri label dan lihat apakah tahun depan Anda merasa kehilangan barang tersebut.

Jika dalam setahun kardus tersebut tidak pernah lagi disentuh, apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Kalau jawabanya ya, boleh disimpan lagi kardusnya dan kembali lagi tahun depan.

Tidak Perlu Sekalian Bersih-bersih Mendalam pada Waktu Bersamaan

Tentu masuk akal kalau Anda ingin sekalian membersihkan dan merapikan di waktu yang sama dengan Anda beberes. Tapi ketahuilah kalau bersih-bersih, merapikan, dan beberes suatu tempat dalam satu waktu dapat membuat Anda kewalahan, maka jangan dilakukan. Mulai saja dengan beberes. Setelah Anda beberes semua barang yang ada, lalu mulailah pada tujuan berbeda yaitu membersihkan total rumah Anda.

Berhentilah Menunggu Libur

Anda tidak bisa mengandalkan hari libur untuk menyelesaikan semuanya, jadi Anda harus mencari tahu bagaimana menyelipkan kegiatan beberes ini dalam kehidupan sehari-hari. Ambil 15 menit waktu dalam sehari untuk satu hal kecil seperti rak di dapurm laci kmaar mandi, setumpuk surat, atau sekotak sampah. Sesi beberes kilat ini akan bertambah dengan cepat dan Anda akan bisa bersantai di hari libur.

Ingatlah Anda Bisa Kembali ke Area yang Sama Berkali-kali

Jika merasa hanya sedikit pencapaian dari beberes lemari, dapur, dan kamar mandi, ingatlah kalau Anda bisa kembali lagi untuk sesi beberes berikutnya.

Berikan Motivasi Visual pada Diri Sendiri

Entah Anda perlu melihatnya ata mendengarnya, pastikan untuk memiliki sesuatu yang bisa digunakan untuk mengingatkan diri sendiri setiap hari tentang alasan mengapa Anda ingin membereskan rumah. Tulis di sticky notes dan tempelkan di cermin kamar mandi dan pasang alarm setiap hari dengan pesan untuk mengingatkan mengapa Anda ingin beberes.

Hadapi Kenyataan

Ini mungkin salah satu motivasi terbaik. Berkelilinglah ke semua ruangan yang ada di rumah dan foto keadaannya saat ini. Kadang kita tidak bisa memulai sesuatu karena sedang berada di tengah-tengah hal besar. Akhirnya kita mengembangkan penglihatan terowongan dan cenderung menempel pada prioritas yang salah. Tapi sebuah foto dapat memberikan seribu kata, dan melihat realita dari perspektif berbeda mungkin akan memaksa Anda untuk bergerak.

Membuat Kalender Beberes

Cetak kalender kosong dan isilah setiap harinya dengan satu tugas beberes dan berikan diri Anda waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Letakkan kalender ini di tempat paling terlihat di rumah supaya Anda tahu kalau dalam sebulan ke depan akan menambahkan satu tugas beberes tambahan. Setelah ini Anda pun akan memiliki rumah yang beres dalam 30 hari deh!

Baca Juga: 5 Alasan Anda Suka Menyabotase Diri

You May Also Like