Melakukan road trip ketika traveling di luar negeri adalah ide yang harus dicoba. Anda tidak hanya akan lebih akrab dengan para rekan seperjalaan, tapi hal ini juga bisa menjadi cara untuk meminimalisir biaya liburan. Kontributor kami Ayesha Tantriana (@ayeshatantriana) akan menceritakan semenyenangkan apa melakukan road trip di California. Baca ceritanya di bawah ini untuk mencari tahu!

Road Trip ke California

Ceritakan sedikit tentang diri Anda dan bagaimana Anda bisa berakhir di kota tujuan berlibur?

Saya adalah analis statistik yang bekerja di institusi pemerintahan. Bukan seorang traveler tapi jika Saya melakukannya, Saya traveling untuk kesenangan. Beberapa minggu yang lalu, Saya harus pergi ke Washington, DC. Karena ini adalah pertama kalinya berada di Amerika Serikat, Saya mengatur untuk ke New York dan California bersama teman-teman. Kami selalu ingin melakukan road trip di luar Indonesia dan California adalah tempat yang sempurna untuk dicoba bagi para pemula.

Bisakah beri tahu kami itinerary dari road tripnya?

Road trip berlangsung tanpa henti selama 7 hari. Kami melakukan sedikit riset di internet untuk mencari tahu itinerary road trip terbaik di California. Akhirnya kami mendapatkan rute terbaik menuju Timur. Jadi inilah itinerary-nya:

Hari 1: San Fransisco
Hari 2-3: Yosemite National Park
Hari 4: Alabama Hills, Lone Pine
Hari 5: Joshua Tree National Park
Hari 6-7: Los Angeles

Dikarenakan ini adalah road trip, kami tentu tidak bertahan di satu tempat saja. Kami berpindah dari satu penginapan ke penginapan lain. Mungkin terdengar melelahkan, tapi sebenarnya tidak. Sejauh ini, ini adalah pengalaman traveling paling menantang tapi menyenangkan yang pernah Saya dapatkan.

Seperti apa cuaca dan orang-orang di sana?

Kami datang di penghujung musim gugur jadi iklimnya masih luar biasa menyenangkan. Lagipula, seperti yang diketahui orang-orang, beberapa daerah di California tidak bersalju. Jadi tidak perlu ragu untuk melakukan road trip selama musim dingin.

Suhu di beberapa daerah seperti San Fransisco dan Yosemite National Park berada di bawah 10 derajat celcius. Jika Anda suka berada di bawah matahari, LA dan Joshua Tree National Park adalah tujuan yang tepat. Kami sama sekali tidak perlu mengenakan pakaian berlapis di kedua tempat itu.

Berbicara tentang orang-orang di sana, kami bertemu dengan orang-orang yang ramah, suka membantu, dan perhatian selama melakukan road trip. Bisa dibilang perjalanan ini adalah yang teraman yang pernah Saya lakukan. Saya tidak berekspektasi kalau berkendara dari kota ke kota di California akan seaman itu.

Mana tujuan favorit Anda?

Jika harus memilih tujuan mana yang menjadi favorit, Saya akan memilih Alabama Hills di Lone Pine. Saya tidak pernah melihat pemandangan menakjubkan yang terdiri dari bebatuan dan perbukitan sebelumnya. San Fransisco juga memberikan kesan yang baik untuk Saya sehingga sulit untuk memilih salah satunya. Jika mau jujur, LA adalah kota yang tidak menjadi favorit karena Saya tidak siap untuk melihat kemacetan dan langit berpolusi di pagi hari. Maaf untuk mengatakannya tapi ada banyak tempat lain di California yang juga layak untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Adakah fakta menarik yang Anda ketahui tentang tempat tersebut?

Dari pengalaman Saya, Saya tidak pernah melihat minimarket manapun yang menyediakan plastik, kecuali di LA. Saya dengar pemerintah California akan segera melarang plastik sekali pakai. Itu adalah ide yang cemerlang.

Fakta menarik lain adalah tentang Yosemite National Park. Ini adalah habitat beruang jadi jangan terkejut jika berpapasan dengan beberapa dari mereka selama perjalanan Anda. Buku petunjuk memberikan beberapa tips tentang bagaimana tetap aman. Salah satunya adalah jangan memberi makan para beruang. đŸ˜€

Aktivitas apa saja yang perlu dilakukan seseorang ketika menjelajahi California?

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Ini beberapa rekomendasi Saya:

  • Melihat matahari terbenam dengan pemandangan jembatan Golden Gate.
  • Mendayung kano di Tenaya Lake, Yosemite National Park.
  • Mendaki di Yosemite National Park and Alabama Hills.
  • Kemping semalaman di Joshua Tree National Park.
  • Terakhir, hal utama yang harus dilakukan tentu saja berfoto sebanyak-banyaknya.

Apa yang paling Anda ingat tentang perjalanannya?

Matahari terbenam tercantik yang saya lihat adalah yang di pantai Crissy Field, San Fransisco. Langitnya cantik dengan pemandangan jembatan Golden Gate. Saya melihat penduduk SF benar-benar senang tinggal di sana. SF adalah kota yang membuat Saya santai. Tidak terlalu padat dan sibuk sehingga Saya sangat menikmatinya.

Lone Pine juga menarik perhatian Saya. Ini adalah kota yang mengingatkan Saya pada set film ‘Did You Hear About The Morgans’. Mengunjungi kota kecil di California adalah sesuatu yang harus dicoba, khususnya jika Anda ingin traveling seperti penduduk lokal.

Terakhir, momen tak terlupakan adalah bermalam di RV (recreational vehicle/kendaraan rekreasi) di Yucca Valley. Tinggal di RV adalah hal populer di California. Kami bermalam di RV untuk mengetahui gambaran singkat seperti apa rasanya traveling di dalam van kemping. Selain itu, bangun tidur dengan matahari terbit Yucca Valley adalah terbaik yang bisa kami dapatkan selama perjalanan. Jangan lupa membaca ulasan orang-orang sebelum memilih RV yang ingin disewa sehingga Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik dan teraman.

Adakah tips untuk pembaca yang ingin mengunjungi California?

Untuk menyewa mobil, pastikan Anda sudah membandingkan harga di beberapa platform pihak ketiga seperti Kayak dan booking.com. Beberapa website memberikan penawaran terbaik. Saya menyewa mobil di booking.com dan hanya mengeluarkan $200 tanpa wifi dan GPS. Sejauh ini, itu adalah yang termurah.

Amerika Serikat memiliki sistem SPBU yang berbeda dengan Indonesia; semuanya swalayan. Beberapa SPBU terdapat minimarket sehingga Anda bisa membayar bensin di dalamnya, tapi beberapa tidak. Meski begitu, membawa kartu kredit adalah sebuah keharusan.

Selalu cek tangki bensin karena di taman nasional seperti Yosemite tidak ada SPBU. Pastikan Anda telah mengisi bensin sebelum memasuki taman nasional.

Lenturlah dalam berhenti selama roadtrip. Beberapa kali berhenti tiba-tiba selama perjalanan akan membawa Anda ke tujuan bagus yang mungkin tidak ada di daftar itinerary. Yosemite memiliki banyak sekali pemberhentian dengan pemandangan indah yang tidak banyak disebut orang di internet.

Untuk menghindari kemacetan di LA, pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat yang inging Anda kunjungi. Memang tarifnya kemungkinan lebih mahal tapi Saya pikir itu lebih baik daripada terjebak berjam-jam di jalanan.

Terdapat beberapa area di taman nasional yang tidak memiliki sinyal. Kami menyewa GPS dari perusahaan rental tapi ternyata itu tidak berguna. Triknya adalah simpan rute di peta dan jangan keluar dari aplikasi tersebut sehingga Anda masih bisa mengaksesnya tanpa internet.

Baca Juga: Rekomendasi Film Komedi Romantis untuk Ditonton Selama #DiRumahAja

You May Also Like