Sabang, ujung paling barat dari Indonesia. Di sana terdapat Pulau Weh, tempat dengan keindahan alam yang dicari oleh para pencari surga dunia. Dela Intan Permatasari akan membagikan pengalamannya menjelajahi wild wild west di Indonesia ini.

Pulau Weh, Wild Wild West di Indonesia

Ceritakan sedikit tentang diri Anda!

Hai, Saya Dela! Saya sedang menjalani tahun pertama koas. Kapanpun ada sedikit waktu untuk beristirahat dari kesibukan, Saya akan menggunakannya untuk mengisi ulang tenaga dan pikiran. Berada di alam adalah semacam terapi untuk Saya.

Mengapa pilih Pulau Weh sebagai tujuan Anda?

Pulau Weh adalah sebuah woonderland bagi yang suka menyelam dan snorkeling. Pulau ini juga salah satu dari tempat menyelam terbaik di Indonesia dengan 20 titik menyelam. Itulah mengapa surga ini berada di daftar paling atas bucket list Saya. Perlu diketahui kalau menyelam bukan satu-satunya aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini.

Bagaimana mencapai ke sana?

Perlu waktu jam dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Terdapat beberapa pilihan yang tersedia untuk mencapai pulau ini dari Stasiun Ullee Lheue, dua di antaranya dengan menggunakan ferry besar selama 1.5 jam atau ferry cepat selama 45 menit.

Ceritakan tentang tempat-tempat yang dikunjungi!

Kami disambut oleh jembatan kayu menawan yang berada di atas air ketika datang ke hotel di Pulau Iboih. Keeokan harinya Saya menghabiskan setengah hari menyelam di Rubiah Tirta Dive Center. Sayangnya Saya hanya menyelam dua kali di sana dan itu tidak cukup! Goa Sarang juga perlu untuk dikunjungi. Lalu tentu saja Tugu Kilometer Nol yang membuat Saya merasa sedikit emosional ketika berdiri di titik paling barat Indonesia.

Wild Wild West di Indonesia

Kegiatan macam apa yang perlu dilakukan ketika berada di sana?

Selain menyelam dan melihat-lihat, Anda hanya perlu bersantai. Berayun di hammock, memandang keindahan sekeliling, dan tentu saja banyak berfoto!

Bagaimana pengalaman kuliner Anda?

Sabang, mengejutkannya, memiliki banyak makanan enak. Kedai Mie Sedap dan Mie Goreng Nyaklah adalah beberapa tempat makan yang perlu dikunjungi. Makanan favorit Saya adalah mie aceh dan sate gurita!

Adakah peraturan khusus yang perlu diketahui turis mengingat tempat yang Anda kunjungi adalah Aceh?

Sejujurnya, ketika Anda berada di hotel dan perahu untuk menyelam, Anda bisa mengenakan apapun yang diinginkan. Namun, ketika berada di kota, Anda harus agak lebih tertutup. Jika Anda menjelajah dengan motor ke bagian yang tidak banyak wisatawan di pulau tersebut, hindari menunjukkan bahu dan paha. Banda Aceh, agak sedikit berbeda. Jika Anda mampir ke sana, sangat baik untuk perempuan menutupi lengan dan kaki mereka.

Berapa banyak yang harus dikeluarkan dalam perjalanan ini?

Sekitar 4 jutaan. Itu sudah termasuk tiket pesawat, sewa mobil, tiket ferry, akomodasi (3 hari 2 malam), makan, dan perjalanan menyelam. Di Pulau Weh Anda tidak akan mengeluarkan terlalu banyak uang.

Wild Wild West di Indonesia

Adakah tips untuk traveler lain?

– Waktu terbaik untuk ke sini adalah selama bulan May sampai September. Bulan-bulan itu adalah musim kering, memiliki suhu yang nyaman, jarang hujan, dan air laut lebih jernih sehingga penglihatan juga lebih baik.
– Menurut Saya, membawa uang tunai bukanlah sebuah keharusan. Di Pantai Iboih terdapat beberapa ATM BRI dan BSI. Jadi mengambil uang bukanlah hal yang sulit.

Baca Juga: Wanderlust: Maroko yang Bersemangat

You May Also Like