Kita semua memiliki bentuk mata yang berbeda. Mereka beragam dari yang standar, hooded eyes, monolids, dan sebagainya. Ketika berbicara soal riasan, tentulah masing-masing bentuk mata memiliki kesulitan dan tingkat frustrasi yang berbeda. Apalagi bagi sebagian perempuan yang memiliki bentuk hooded eyes dan monolids. Untuk itu kali ini #Cottoninkteam akan memberikan beberapa trik riasan hooded eyes dan monolids yang sudah banyak diketahui para pecinta makeup maupun penata rias profesional.

Trik Riasan Hooded Eyes dan Monolids

Riasan Hooded Eyes

Ketahui Penempatannya

A1

Penting untuk mengaksentuasi area yang tepat pada matamu. Rahasianya adalah tambahkan warna lebih terang pada sudut dalam mata dan sedikit di bawahnya (dari sudut dalam ke bagian tengah mata). Ini akan melebarkan mata dan memberi ilusi ruang yang lebih luas.

Untuk mendapatkannya, bubuhkan saja eyeshadow warna terang. Kamu juga bisa membuat mata terlihat mencolok dengan membubuhkan highlighter di tulang alis. Sangat penting untuk menjaga agar highlighter berada tidak terlalu rendah pada tulang alis. Setelah itu bubuhkan warna lebih tua di atas lipatan untuk kesan dalam pada mata.

Jangan terlalu berlebihan menggunakan eyeliner gelap pada mata karena ia akan membuatnya terlihat menutup. Kamu bisa membaurkan sedikit eyeshadow di bawah mata karena akan memberikan tampilan lebih lembut pada hooded eyes.

Kurangi Risiko Lipatan

A11

Sayangnya, memiliki hooded eyes artinya riasan matamu kemungkinan besar akan berlipat. Selamatkan kerja kerasmu dengan membubuhkan eyeshadow primer. Lapisi kelopak mata dengan primer sebelum membubuhkan riasan apapun. Ia akan memberikan dasar yang halus untuk membubuhkan eyeshadow dan juga berguna sebagai perekat untuk memastikan semuanya tetap pada tempatnya

Buka Matamu

A2

Ketika membubuhkan eyeshadow, insting alami akan membuatmu menutup mata. Tapi akan sangat berbeda hasilnya jika Kamu tetap membukanya. Lihat lurus ke cermin, dengan begitu Kamu bisa melihat di mana seharusnya bentuk celung pada mata dibuat.

Kamu bisa membubuhkan eyeshadow di atas lipatan alami matamu–jika hanya dibubuhkan di kelopak mata, ia tidak akan terlihat ketika Kamu membuka mata. Meski begitu, jangan bubuhkan terlalu jauh pada tulang alis karena Kamu masih membutuhkan sedikit ruang di sana.

Buat Lipatanmu Sendiri

A3

Ketika matamu terbuka, Kamu tidak dapat melihat lipatannya sehingga yang efektif adalah membuatnya sendiri. Lihat lurus ke cermin dan dengan kuas lembut tambahkan kedalaman dengan eyeshadow. Usapkan kuas dengan lembut dalam gerakan seperti wiper untuk mulai membuat dimensi. Dengan ini Kamu bisa meniru bentuk celung mata.

Direkomendasikan untuk menggunakan kuas lembut karena lebih mudah digunakan pada bagian mata yang halus. Sebagai tambahan, kuas ini juga praktis untuk membaurkan eyeshadow sehingga tidak menghasilkan garis yang kasar. Pastikan untuk tidak menggunakan eyeshadow berwarna lebih gelap pada bagian luat mata. Jangan juga terlalu gelap pada kelopak dalam karena akan membuat jarak mata terlihat terlalu dekat.

Bermainlah dengan Winged Eyeliner

A4

Meski membubuhkan eyeliner bisa jadi hal yang mudah bagi sebagian orang, kegiatan ini adalah yang tersulit bagi pemilik hooded eyes. Sebelum mulai membuat ekor pada eyeliner, pertimbangkan jenis produk yang akan digunakan.

Penting sekali untuk menggunakan produk yang membuatmu nyaman, tapi disarankan untuk memilih jenis eyeliner gel untuk hooded eyes karena lebih cepat kering dari pada jenis cair. Sebab bentuk hooded eyes sering menyebabkan kelopak meninggalkan cap dari eyeliner. Fokusnya harus selalu pada sudut luar mata untuk secara visual mengangkatnya. #Cottoninkteam merekomendasikan untuk membubuhkan eyeliner tipis sepanjang garis bulu mata dan tightlining (mengisi bagian dalam garis bulu mata) dengan kohl eyeliner.

Ketika membuat winged eyeliner, penting untuk memastikan ia dapat mengangkat garis matamu supaya terlihat lebih lebar. Bayangkan garis imajiner menyambung dari garis bulu mata bawah dan mengikuti bentuk alami mata. Beri titik di mana Kamu ingin eyeliner berhenti, lalu tarik garis dari poin ini sepanjang garis bulu mata atas. Sedikit ‘sayap’ sudah cukup untuk memberikan perbedaan besar.

Riasan Monolid

Mulailah dari Riasan Mata

Khususnya jika Kamu menggunakan eyeshadow bertekstur bubuk. Untuk itu lebih baik menyelesaikan riasan mata sebelum memulaskan alas bedak atau keseluruhan riasan wajah.

Lapisi Kelopak Mata dengan Primer

Mengingat sedikitnya ruang pada kelopak mata, kemungkinan riasan matamu akan luntur. Untuk menghindarinya, gunakan primer untuk mempersiapkan matamu sebelum membubuhkan eyeshadow. Jika tidak ada primer, pakailah concealer.

Concealer adalah Sahabatmu

Concealer adalah penghapus semua riasan. Jika ada kesalahan ketika merias, gunakan concealer. Produk ini juga penting terutama bagi pemilik mata monolids karena riasannya lebih mudah luntur.

Jika Concealer adalah Sahabat, Maskara dan Penjepit Bulu Mata adalah Belahan Jiwamu

Mungkin saja ini berlebihan kalau maskara bisa mengubah hidup. Ia membuka mata dan membuatnya menonjol. Jika bulu matamu pendek, tentu bisa gunakan bulu mata palsu.

Berbeda dengan Kepercayaan Umum, Terlalu Banyak Eyeliner Seringnya Malah Mengecilkan Mata, Membuat Ilusi Kalau Mata Jadi Sangat Kecil

Karena sebagian besar kelopakmu tertutup dengan warna hitam atau coklat tua, eyeliner mungkin akan memberikan efek kebalikan dari yang Kamu inginkan.

Untuk Tampilan Alami, Gunakan Eyeshadow Hitam pada Kuas Eyeliner untuk Menggaris Matamu

Terkadang, eyeliner pensil/gel/cair bisa terasa berlebihan. Jika ingin mencoba tightline atau tampilan eyeliner alami, cobalah eyeshadow cokelat.

Ketika Membubuhkan Eyeliner dan Maskara, Fokuslah pada Ekor Matamu

Terkadang Warna Bibir Bold dan Bentuk Alami Mata adalah Tampilan yang Bagus

Seringkali, pemilik monolids cenderung lebih fokus pada riasan mata dari pada riasan bibir. Cara yang bagus untuk tidak menarik perhatian pada mata dan lebih banyak ke bibir adalah memberikan riasan mata alami dan bibir dengan warna bold.

Jangan Berlebihan dengan Eyeshadow Kemilau atau Bergliter

Boleh saja membubuhkan sedikit kemilau, tapi terlalu banyak gliter seringnya berujung pada mata yang terlihat lebih kecil dari pada yang seharusnya.

Pilihlah Eyeshadow Matte

Karena cahaya menangkap kemilau, ia akan memberi ilusi matamu jadi lebih kecil. Sementara warna matte akan memberi ilusi bayangan dan kedalaman pada mata.

Jangan Mencoba Mengubah Bentuk Matamu, Syukuri Saja yang Dimiliki

Daripada coba mengganti bentuk matamu, syukuri apa yang sudah Kamu miliki. Setiap bentuk mata itu cantik dan Kamu harus belajar berdamai dengannya seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Semua Berkumpul! Koleksi COTTONINK x Kami Idea untuk Hari Raya 2021 sudah Hadir Untukmu

You May Also Like